Bahan Dasar Membuat Jahitan Manik atau Stiches

tehnik jahitan manik



Beberapa sahabat bertanya kepada saya tentang cara merangkai manik menggunakan tehnik ’Jahitan Manik atau lebih dikenal Stiches.’ Berikut ini sedikit informasi, bahan dasar yang wajib anda ketahui ketika membuat jahitan manik.
Bahan2 dasar bila anda mau membuat karya ’Jahitan Manik / Stiches’ adalah:
- Benang / kenur yang berbeda ukuran
- Jarum
- Manik-manik dengan berbagai jenis dan model.
- Gunting / Gunting Kuku
- Imaginasi anda , mau membuat karya apa ya hari ini? ^_*

Bila bahan dasar sudah tersedia, maka hal penting yang harus anda perhatikan ketegangan benang / kenur adalah hal yang paling penting ketika anda membuat jahitan manik / stiches. Jangan terlalu kendor dan jangan pula terlalu longgar ketika anda memulainya. Bila terlalu kencang maka benang / kenur bisa putus.
Teman, ada banyak bentuk, ukuran manik-manik yang tersedia dan ini bisa membuat anda bingung ketika akan memulai.
Dengan memilih bentuk manik-manik, warna dan ukuran, anda akan bisa mulai membayang kan mau seperti apa bentuk jahitan manik yang akan anda hasilkan.

3 Tehnik Membuat Jahitan Manik / Stiches.

Berikut ini adalah 3 tehnik yang bisa membantu anda membuat jahitan manik dengan cepat:
1. Pemilihan warna manik-manik bisa membantu anda menentukan alur benang. Kelompokkan warna dan ukuran manik-manik agar anda bisa memulai menentukan alur karya anda.
2. Sebagai pemula, sebaiknya anda menggunakan manik-manik yang agak besar. Misal manik-manik ukuran 6mm atau 8mm. Akan memudahkan anda membuat karya pertama anda.
3. Untuk karya pertama anda, sebaiknya gunakan benang / kenur yang pendek dulu, ini untuk menghindari benang yang kusut, yang bisa membuat anda jadi malas menyelesaikannya. Misalnya: Membuat Gelang.
Semoga Tips ini bermanfaat dan selaman berkarya. (SA/2010)
infomanikmanik.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar